Kata Dokter Kulit dan Kelamin Soal Bahan Berbahaya dalam Pembalut

Jakarta, Dalam jangka pendek pembalut dan pantyliner yang mengandung bahan berbahaya klorin bisa memicu iritasi. Perlu ada regulasi untuk mencegah dampak jangka panjangnya, yakni risiko kanker.Spesialis kulit dr MH Wresti Indriatmi, SpKK, dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) mengatakan perlu ada standar resmi zat apa saja yang ada di pembalut. Hal yang paling utama adalah tak ada kandungan yang bisa menimbulkan reaksi di kulit.dr Wresti memberikan komentar setelah ditemukannya beberapa produk pembalut yang dijual di Indonesia tinggi klorin oleh Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI). Terungkap dalam laporan YLKI, 9 merek pembalut dan 7 merek pantyliner mengadung klorin dengan kadar 5-55 ppm (part per million).

“Perlu ada bukti bahwa memang benar ada klorin itu dan apa efek jangka panjangnya. Apakah selama ini ada keluhan dengan konsumen? Kalau ada keluhan ya sudah kita enggak bisa biarkan,” kata dr Wresti ketika dihubungi detikHealth pada Selasa (7/7/2015).

Hingga saat ini dr Wresti mengatakan ia sendiri belum pernah menemukan ada kasus serius akibat tingginya kadar klorin dalam pembalut. Beberapa pasien yang pernah ia temui sekedar iritasi dan itu juga beragam tingkat keparahannya.

“Harus ada studinya dulu soal efek (klorin), gak bisa begitu saja membuat regulasi. Kalau selama ini iritasi pasti ada tapi beberapa pasien spesifik saja yang kulitnya memang sensitif atau dia malas ganti pembalut,” kata dr Wresti.

“Kita harus ada daftar dulu bahwa yang zat menempel ideal itu seperti apa. Enggak boleh ada zat yang menimbulkan iritan,” pungkasnya.

Ketua Harian YLKI, Tulus Abadi mengakui bahwa SNI (Standar Nasional Indonesia) saat ini tidak mengatur kandungan klorin pada pembalut dan pantyliner. Namun pihaknya mendorong agar SNI melarang penggunaan bahan yang dikategorikan sebagai racun dan iritan sesuai Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) RI No 472/1996 tersebut, dalam proses produksi pembalut dan pantyliner.(lll/vit)



Pembalut Natesh

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s