Membangun Server Dengan Fedora Part I [ DNS Server ]

Bismillah.

Baiklah dalam kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman bagaimana cara membangun server dengan menggunakan Distro Linux Fedora, mengapa Fedora?, karena bagi saya sendiri Fedora adalah salah satu distro Linux besar yang disupport oleh komunitas, diIndonesia sendiri ada Komunitas Pengguna Fedora bisa di akses di http://fedora.or.id . Untuk tahap pertama ini saya akan menuliskan pengalaman saya membuat DNS Server. Untuk pengertian apa itu DNS, anda bisa mencari info tentangnya di Internet,disini saya hanya akan lebih menjelaskan langsung ke masalah teknis configurasinya.adapun versi Fedora yang saya gunakan disini adalah Fedora 7. Saya asumsikan anda telah selesai menginstall fedora ke pc anda. Apabila anda bingung dalam hal instalasi anda bisa baca manualnya di site resmi fedoranya, atau disini juga akan saya sedikit menjelaskan tahap installasinya namun hanya sekadar ulasan saja, tanpa ada screen shoot nya🙂.

Setelah kebutuhan hardware terpenuhi, jangan lupa sebelum melakukan instalasi backuplah data anda jika dirasa perlu. Adapun proses instalasi tahapanya sebagai berikut :

  1. Nyalakan komputer dan masukan DVD Fedora ke dalam drive, aturlah BIOS agar dapat melakukan boot dari drive DVD. Saat proses booting anda akan melihat tampilan awal instalasi linux fedora. Pilih install or upgrade an exiting system lalu tekan enter. Tunggulah sampai muncul menu berikutnya
  2. anda akan di hadapkan dengan tampilan untuk pengecekan kondisi CD/DVD Fedora, tekan enter untuk melakukan tes, dan pilih skip untuk mengabaikanya.
  3. Jendela Fedora akan muncul , lalu pilihlah next
  4. Language Selection, pilihlah bahasa yang anda fahami lalu klik next
  5. keyboard configuration, pilihlah jenis keyboard yang sesuai . Klik next
  6. Disk partitioning setup, tahapan ini adalah untuk mempartisi hardisk anda, ada beberapa pilihan , diantaranya a. Remove all linux partition on selected drive and create default layout, artinya menghapus semua partisi linux pada hardisk tersebut (jika sebelumnya telah tersedia), dan membuat default layout buat linux yang akan diinstall. b. Remove Linux partitions on selected drive and create default layout, artinya mengapus partisi Linux pada hardisk tersebut dan membuat partisi buat linux yang akan diinstall.c. use free space on selected drive and create default layout, artinya, gunakan space kosong pada hardisk tersebut dan membuat partisi default untuk linux yang akan di install. d.create custom layout artinya, anda membuat partisi sesuai keinginan anda. Untuk tahap ini saya memilih yang a. Remove all linux partition on selected drive and create default layout, karena semua hardisk ini akan saya pake khusus buat linux fedora ini. Dan biar memudahkan kita bagi yang belum terbiasa mempartisi dalam instalasi linux. Lalu klik next.
  7. Boot loader Configuration, pilih The Grub loader will be install, lalu klik next.
  8. Network Configuration, tahap ini adalah untuk konfigurasi hostname,ipaddres,netmask,gateway dan dns, atau andapun bisa memilih DHCP.lalu klik next
  9. Time Zone Selections, pilihlah zona waktu yang sesuai, klik next
  10. Set Root password , masukan password buat root minimal 6 karakter,klik next
  11. Package Installation, pilihlah aplikasi apa saja yang hendak di install, lebih enak dengan memilih Costumize Now, disana nanti kita bisa memilih aplikasi apa saja yg kita perlukan. Setelah di pilih lalu klik next
  12. Installing Package, tahap ini adalah tahap installasi paket-paket yang telah di pilih tadi, tunggulah hingga proses selesai, dalam tahap ini biasanya memakan waktu agak lama, tergantung dari spesifikasi hardware yang di gunakan.
  13. Finish Installing Package, ambil DVD Fedora di Drive DVD lalu reboot.

Sampai tahap ini anda telah selesai menginstall linux, namun apabila anda menginstallnya dalam mode grafis maka setelah selesai installasi linux akan meminta kita melakukan Post Installation yang meliputi beberapa tahap, yaitu :

  • Welcome
  • License Information
  • Firewall
  • SELinux
  • Date and Time
  • Hardware Profile
  • Create User.

Untuk pembahasan mengenai konfigurasi servernya, kita bersambung ke posting selanjutnya. jadi ikutin terus ya perkembangan blog ghian ini.🙂

thanks to : Bpk Iwan Sofana ( Ojo Linux ) atas referensi bukunya, dan temen2 di fedora-id

7 thoughts on “Membangun Server Dengan Fedora Part I [ DNS Server ]

  1. Pingback: http://ghian.info/ | Internet Connection Sharing ( simple Version )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s