Hai BLog,

Sudah lama juga tidak nulis lagi [ ma’lum BBM naik listrik naik, lho kok apa hubunganya yah hehehe ] ;)).

ngomong-ngomong kenaikan, sebelum naiknya BBM bulan mei lalu, ternyata listrik juga naik untuk tagihan dibulan Mei, busyet dah ini pemerintah, naik terus naik terus, awas lho orang yang naik-naikin nanti bakal di turunin lhoo. hihihi liat ajah nanti.

oh ya, berlanjut dengan postingan sebelumnya saya merasa aneh kepada Manajer PLN tentang penghematan pemakaian listrik, di surat edarananya tertulis dan menyerukan pelanggan harus hemat sampai 80%, wadtuh [ garuk-garuk kepala ] gimana ngitungnya harus hemat 80% , secara listrik yang saya pake buat warnet gitu lho, cape dech akhir2-nya kalau di pikirin. mau dari mana nutupin biaya operasional, secara mau di naikin tarif warnetnya pun, pelanggan pasti protes dan enggan datang. yah mau gk mau kita terima saja, da susah nge-lawan ke pemerintahmah gk bakalan menang, mau demo mogok makan mpe mampus juga😛.

tapi ya saya juga tidak pasrah begitu sajah, tapi kita siasati juga dengan cara-cara yg bisa kita lakukan, yg tentunya dengan cara yang halal yah ;)).

tips hemat listrik buat warnet yang terlanjur menggunakan listrik kelas B2 atau > 6.600 VA [ versi saya ] :

1. Matikan komputer / monitor disaat jam-jam kosong biasanya menuju pagi.

2. Jangan matikan komputer / monitor ketika trafic user rame, karena pemakaian listrik tinggi saat awal dinyalakan.

3. lebih baik tidak pake AC tapi ganti sajah pake kipas🙂 hehehe.

4. matikan lampu saat tidak perlu

5. kurangi jam nyala neon box

6. pabila pake Pompa air, nyalakanlah di pagi hari ketika bak kosong, dan penuhi penampungan air hingga penuh, lalu matikan lagi pompanya dan nyalakan disaat pagi lagi. hehehe

7.nyalakan TV sesuai kebutuhan / saat ada user menunggu saja .

8. dan lain sebagainya silahkan di tambahi lagi…

untuk keterangan lebih lanjut mengenai kelistrikan silahkan kunjungi website PLN

One thought on “Hai BLog,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s