Batas Hemat, daku tercekik

kaget banget saat tadi pagi nanyain tagihan rekening listrik, yang biasa saya bayar /bulan rata rata 1,2 jt, tadi pagi saya dapat laporan kalau rekening listrik saya tagihan bulan ini rp. 2,2 jt ,busyeett. sebagai catatan listrik saya dipake buat usaha Warung internet dengan daya Golongan B2 atau 7700 VA. naiknya sampe 100% kan.

siang hari sehabis jumatan saya telpon PLN, menanyakan kronologis kenaikan tagihan rekening listrik yang saya pake, tenyata jawaban dari pihak PLN sebagai berikut. o0o iya pemkaian KWH untuk bulan mei ini mencapai 1866Kwh pakai.

mulai berlaku bulan april 2008 kemaren PLN sudah menerapkan tarif batas hemat, dan apabila kita melewati batas hemat tersebut maka kita akan mendapat tagihan ber x x lipat😦. ambil contoh listrik yg saya pake 7700VA, berarti mempunyai batas hemat sampe pemakaian 724Kwh., karena pemakain saya 1866Kwh, berarti itu sudah melebihi batas hemat, maka perhitunganya

724 [ batas hemat 7700VA] * 520 [tarif pln ] =  RP 376.480,-

1142 [sisa batas hemat ] * 1380 [ tarif pln diluar batas hemat 7700] = 1.575.960,-

berarti  biaya pemakain listrik saya adalah Rp. 1.952.440,- [ belum ppn dan lain-lain]. di jumlah jamleh jadi RP. 2,2 Jt. hikz.. gila bener kan naiknya?, katanya sih wajarlah toh dipake buat usaha ini kok.. gubrak,, wajar gimana,,walupun di pake usaha, tetep aja kalau kemahalanmah, mau ngambil untung dari mana saya😦. harus hemat Pak,” yaelah,,bisa hemat dari mana, orang /bulan aja pemakaian segitu gitu aja,, masa pc selsei pake langsung matiin, idupin lagih, bukankah itu lebih nyedot listrik?.

ya ternyata , nasib – nasib, bangsa indonesia,, dari dulu ganti kepemimpinan kerjaane, naikin hargaaaa mulu.bbmlah, listriklah, bahan panganlah, biaya pendidikanlah,., ah semua mua deh, naik terus,, saya mau naikin tarif internet ehh banyak protes user hikz😦.

yang kaya makin kaya, yang miskin kapan kayaknya hikz..:(.

punten atuh ach ka bapa bapa anu di laluhur, cing atuh emutan rahayat leutik teh..

ulah gampang gampangna wae naekeun sagarupa kabutuhan teh..

hapunten ach bilih aya nu kadupak..  abdimah da masih keneh budak,

hatur nuhun ach

“nuju kesel, ninggal pamarentahan.

One thought on “Batas Hemat, daku tercekik

  1. Pingback: Hai BLog, « ghian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s