Penyedia Jasa Linux/FOSS di Indonesia

Mengapa saya me-publish kembali tulisanya Pak Rus, karena menurut saya tulisan beliau sangat menarik buat di baca, dan semoga bermanfaat bagi kita semua.

Tulisan ini berdasar pengetahuan saya yang terbatas. Mohon koreksi atau tambahan dikirim ke email saya rus at infolinux.co.id.

Salah satu kelebihan memilih solusi TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) berbasis Linux/FOSS (Free/Open Source Software) adalah tumbuhnya industri lokal, terutama UKM (Usaha Kecil dan Menengah). Bisnis TIK berbasis Linux/FOSS umumnya bukan jualan lisensi, tapi lebih ke jualan jasa seperti dukungan teknis, pelatihan, pengembangan software, kustomisasi software/hardware, dan bentuk dukungan lainnya seperti penerbitan buku, penggandaan CD, dll.

Ketersediaan dukungan teknis (technical support) terhadap penggunaan Linux dan FOSS dinilai masih lemah. Pernyataan lemah atau kurang dukungan teknis ini masuk akal bila menggunakan perbandingan antara dukungan teknis pengembang Linux/FOSS dengan dukungan teknis perusahaan proprietary software terhadap produknya. Pengembang Linux/FOSS tidak selalu menyediakan dukungan teknis secara langsung. Lisensi Linux/FOSS memungkinkan siapa saja, personal atau lembaga, gratis atau berbayar, perusahaan besar atau kecil, dapat menyediakan dukungan teknis, pelatihan, dan pengembangan, tanpa harus meminta izin atau membayar royalti kepada pengembang pertamanya.

Bagian awal tulisan ini akan menguraikan bentuk dukungan teknis yang bisa didapatkan oleh pengguna Linux dan FOSS di Indonesia. Pada bagian selanjutnya tulisan ini akan membahas ketersediaan jasa pelatihan (training) dan pengembang software/hardware berbasis Linux/FOSS, dan bentuk dukungan lainnya di Indonesia.

1. Dukungan Teknis

Selama ini ada kesan bahwa dukungan teknis yang tersedia untuk pengguna Linux/FOSS hanyalah yang berbasis komunitas. Penulis membatasi arti komunitas adalah para pembuat dan pengguna software yang bertindak secara personal atau organisasi non profit. Namun, di Indonesia telah berdiri banyak penyedia dukungan teknis yang profesional dan berbayar, seperti yang diberikan perusahaan proprietary software. Berikut ini beberapa bentuk dukungan teknis Linux/FOSS di Indonesia, mulai dari komunitas, organisasi non profit, hingga perusahaan.
Komunitas Berbasis Web di Internet

Linux dan FOSS sejak awal dikembangkan dengan memanfaatkan internet. Pembuat software Linux/FOSS mengumumkan karyanya melalui internet. Pengguna bebas mencoba, menggunakan, memberikan umpan-balik, dan membantu mengembangkan, serta melengkapi dengan dokumen, juga melalui internet. Jadi, pembuat program lah yang memberikan dukungan pertama terhadap penggunaan Linux/FOSS, lalu diikuti pengguna dan pengembang lainnya.

Berikut ini daftar sebagian komunitas di internet yang memberikan dukungan teknis di Indonesia dan dunia berbasis web. Beberapa komunitas ini juga menyediakan dukungan melalui email dan chatting. Secara fisik, tidak ada batas waktu dan tempat untuk memperoleh dukungan ini selama tersedia akses internet.

* www.linux.or.id
Komunitas Linux Indonesia berbasis web dan email. Sebagian besar domain KPLI atau Kelompok Pengguna Linux Indonesia dikelola terpusat di linux.or.id). Beberapa KPLI juga hanya memberikan dukungan lewat internet berbasis web dan email, misalnya saat tulisan ini disusun adalah KPLI Bandung (bandung.linux.or.id).

* www.vlsm.org
Penyedia repository (tempat penyimpanan) distro-distro Linux, dokumentasi, dll.

* www.opensource-indonesia.com
* www.postfix.or.id
* www.infolinux.co.id
* dll.

Komunitas Berbentuk Email atau Milis

Bentuk dukungan teknis di internet selain dan web dan email personal adalah maling list (milis). Dukungan teknis melalui milis ini tergolong besar di Indonesia, karena banyaknya jumlah anggota di beberapa milis dan banyaknya milis tentang Linux/FOSS. Berikut ini sebagian dari milis:

* tanya-jawab@linux.or.id (Tanya jawab Linux mulai dari pemula hingga mahir).
* linux-aktivis@linux.or.id (Diskusi advokasi dan promosi Linux/FOSS).
* linux-programming@linux.or.id (Tanya jawab pemrograman di Linux/FOSS).
* pembaca@infolinux.co.id (Tanya jawab pembaca majalah InfoLINUX)
* jogja-linux@yahoogroups.com (Diskusi Linux/FOSS yang dikelola KPLI Jogja)
* kuliax@googlegroups.com (Distro Linux untuk perkuliahan, Kuliax).
* blankon@googlegroups.com (Pengembangan dan penggunaan Linux BlankON)
* id-ubuntu@googlegroups.com (Distro Linux Ubuntu, Kubuntu, Edubuntu, Xubuntu, dll.)
* indowli@groups.or.id (Seputar Wireless LAN, termasuk penggunaan WLAN di Linux)
* asosiasi-warnet@yahoogroups.com (Warnet secara umum, termasuk penggunaan Linux).
* phpug@yahoogroups.com (PHP User Group Indonesia).
* jlinux@yahoogroups.com (Java di Linux)
* jug-indonesia@yahoogroups.com (Java User Goup Indonesia)

Komunitas Berbentuk Fisik, KPLI dan KSL

Tidak banyak komunitas di Indonesia yang menyediakan dukungan teknis secara fisik. Kalaupun ada, sifatnya hanya temporer pada acara-acara tertentu seperti seminar, workshop, dan installfest (festival instalasi dan konfigurasi Linux dalam bentuk peserta datang membawa komputernya untuk mendapatkan bimbingan instalasi dan konfigurasi).

Sebagian besar komunitas ini menamkan diri sebagai Kelompok Pengguna Linux Indonesia (KPLI). KPLI berdiri hampir di setiap kota besar di Indonesia. Tidak semua KPLI menyediakan dukungan di darat, misalnya KPLI Bandung. Sebaliknya, tidak semua KPLI memiliki dukungan melalui internet, misalnya KPLI Aceh dan KPLI NTT (Nusa Tenggara Timur).

Berikut ini daftar sebgaian komunitas yang sering menyediakan dukungan secara fisik atau pertemuan di darat.

* KPLI Jakarta (jakarta.linux.or.id)
* KPLI Surabaya (surabaya.linux.or.id)
* KPLI Jogja (jogja.linux.or.id)
* KPLI Bandung (bandung.linux.or.id)
* KPLI Bogor (bogor.linux.or.id)
* KPLI Tangerang (kpli.ict-tangerang.net)
* KPLI Cilegon
* KPLI Bekasi
* KPLI Semarang (jateng.linux.or.id)
* KPLI Solo (solo.linux.or.id)
* KPLI Salatiga
* KPLI Madiun (madiun.linux.or.id)
* KPLI Malang (malang.linux.or.id)
* KPLI Jember
* KPLI Sidoarjo
* KPLI Bali (bali.linux.or.id)
* KPLI Makassar (makassar.linux.or.id)
* KPLI Manado (manado.linux.or.id)
* KPLI Banjarmasin
* KPLI Samarinda
* KPLI Balik Papan
* KPLI Palangkaraya
* KPLI Lampung
* KPLI Palembang (palembang.linux.or.id)
* KPLI Padang (padang.linux.or.id)
* KPLI Medan (medanlinux.com)
* KPLI Batam (batam.linux.or.id)
* KPLI Pekanbaru (pekanbaru.linux.or.id)
* KPLI NTT
* KPLI Aceh
* Komunitas Linux di kampus-kampus, bisanya bernama Komunitas Studi Linux (KSL), misalnya KSL Universitas Ahmad Dahlan Jogjakarta, KSL Atmajaya Jogjakarta, KSL UPN Veteran Jogjakarta, KSL UII Jogjakarta, KSL UGM Jogjakarta, KSL UNY Jogjakarta, KSL Amikom Jogjakarta, KSL Akakom Jogjakarta, KSL Universitas Dr. Soetomo Surabaya, KSL STT TELKOM Bandung, KSL Unikom Bandung, KSL STT PLN Jakarta, dll.

Perusahaan (Linux Support Centers)

Saat ini telah banyak perusahaan yang menyediakan jasa dukungan teknis secara profesional dan berbayar. Berikut ini hanya sebagian dari perusahaan yang saat ini serius dan profesional menyediakan jasa dukungan teknis Linux/FOSS:

* NF Computer (www.nurulfikri.co.id)
* Linuxindo (www.linuxindo.com)
* RimbaLinux (www.rimbalinux.com)
* Gudang Linux (www.gudanglinux.com)

Organisasi Non Profit

Semua KPLI yang ada saat ini boleh disebut organisasi non profit yang tidak berbadan hukum. Berikut ini contoh organisasi non profit berbadan hukum Indonesia yang memberikan dukungan terhadap penggunaan Linux/FOSS:

* Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI)
* Yayasan Air Putih

Lembaga Pendidikan

Beberapa lembaga pendidikan juga menyediakan jasa dukungan teknis, baik secara berbayar maupun dengan model kerjasama. Berikut ini beberapa perguruan tinggi swasta dan negeri, serta sekolah menengah, yang bisa atau pernah memberikan jasa dukungan teknis Linux/FOSS:

* Universitas Gunadarma Jakarta
* Universitas Syiah Kuala Banda Aceh
* Universitas Indonesia Jakarta
* Universitas Gajah Mada Jogjakarta
* Institut Teknologi Bandung
* Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya
* Universitas Udayana Denpasar
* Universitas Brawijaya Malang
* SMK TI di seluruh Indonesia dan ICT Center di beberapa kota.

2. Pendidikan dan Pelatihan

Hampir semua pelatihan disediakan secara profesional dan berbayar, seperti yang disediakan oleh Training Center atau Training Provider dari perusahaan software proprietary. Berikut ini hanya sebagian dari perusahaan yang menyediakan jasa pendidikan dan pelatihan Linux/FOSS:

* NF Computer (www.nurulfikri.com)
* Linuxindo (www.linuxindo.com)
* Inixindo (www.inixindo.co.id)
* Ardelindo (www.ardelindo.com)
* Linux Learning Center (LLC), Linux Study Center, LP3I, AMIK BSI, dan lain-lain.

3. Pengembang Software

Banyak pengembang software Linux/FOSS, pengembang untuk tujuan khusus, dan pengembang software secara kustomisasi di Indonesia. Berikut ini hanya sebagian kecil dari pengembang:

* www.blankonlinux.or.id (Pengembang distro Linux berbasis Fedora).
* www.rimbalinux.com (Pengembang software ERP berbasis Linux/FOSS).
* www.linuxindo.com (Pengembang berbagai software berbasis Linux/FOSS)
* www.nurulfikri.co.id (Pengembang berbagai software berbasis Linux/FOSS)
* www.meruvian.com (Pengembang berbagai software berbasis OSS Java)
* www.brainmatics.com
* www.rab.co.id
* kuliax.duniasemu.org (Pengembang distro Linux untuk perkuliahan).
* pinux.joglosemar.org (Pengembang distro Linux untuk warnet dan jaringan kantor).
* www.pclinux.web.id (Pengembang distro Linux berbasis Mandriva).
* www.rumahlinux.co.id (Pengembang software berbasis Linux/FOSS).

4. Penyedia Barang dan Jasa lainnya

Saat ini juga mulai terlihat beberapa perusahaan menyediakan jasa di bidang pengadaan hardware yang dibuat khusus untuk Linux atau dibundle dengan Linux. Sebagian perusahaan juga menyediakan jasa Linux Embedded System, misalnya mengembangkan peralatan jaringan atau pabrik yang di dalamnya ada software khusus berbasis Linux (bukan Linux untuk desktop/server). Berikut ini contoh vendor besar yang ada perwakilan di Indonesia dan beberapa contoh perusahaan yang berhubungan dengan Linux/FOSS.
* Vendor hardware/software: IBM dan SUN Microsystems dengan OpenOffice.org-nya.
* Vendor-vendor hardware, seperti Intel, Acer, Mugen-PC, HP/Compaq, dan lain-lain.
* Vendor software seperti Oracle dan lain-lain.
* Perusahaan jasa Internet (ISP, NAP, Data Center, Web Hosting, dll.).
* Lain-lain: www.voiprakyat.or.id (telepon/videopon via internet) www.ilmukomputer.com (dokumen gratis di internet), www.infolinux.web.id (penerbitan majalah dan CD/DVD), www.dianrakyat.co.id (penerbitan buku dan CD/DVD), www.gudanglinux.com, dll.

5. Penutup

Di Indonesia telah tersedia dukungan teknis Linux/FOSS di seluruh propinsi secara cukup merata, mulai dari yang bersifat komunitas, lembaga pendidikan, organisasi non profit, hingga ke perusahaan-perusahaan. Lembaga pendidikan formal dan perusahaan-perusahaan juga telah siap dengan jasa pendidikan dan pelatihan Linux/FOSS. Hampir semua perusahaan pengembang software di Indonesia akan dapat melayani pengembangan software berbasis Linux/FOSS. Istilah popularnya, ada gula ada semut…hehehe.

source : http://linux.or.id/node/1410

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s